Tekno  

10 Hal yang tersebut Harus Dilakukan Jika HP Terjatuh ke Dalam Air

10 Hal yang yang dimaksud Harus Dilakukan Jika HP Terjatuh ke Dalam Air

Liputanfakta.net – Jika HP terkena air atau jatuh ke di air, penting untuk segera mengurangi kerusakan tambahan lanjut sebelum pengguna melakukan perbaikan apa pun.

Saat pengguna menjatuhkan ponsel ke di air, beberapa hal dapat terjadi. Jika ponsel miliki peringkat pemeliharaan masuknya air (IP) yang dimaksud tinggi terhadap air, kemungkinan besar ponsel yang disebutkan akan baik-baik saja.

Pengguna dapat mengeluarkannya dari air, mengeringkannya, kemudian kemungkinan besar dapat segera melanjutkan penggunaannya.

Namun jikalau ponsel tiada miliki peringkat IP yang tinggi, menjatuhkan ponsel ke pada air dapat menyebabkan kecacatan besar yang mana mungkin saja tak dapat diperbaiki.

Berikut ini cara yang mana mampu diadakan untuk memperbaiki HP yang tersebut jatuh ke pada air:

1. Matikan ponsel. Sebelum pengguna melakukan hal lain, matikan telepon. Selama ponsel tetap saja hidup, kemungkinan ponsel akan rusak secara permanen semakin besar.

2. Lepas casing. Jika pengguna menggunakan casing HP, lepas terlebih dahulu. Casing dapat memerangkap air dalam badan ponsel, sehingga dapat merembes ke di perangkat.

3. Keluarkan kartu SIM. Jika ponsel pengguna miliki kartu SIM, gunakan penjepit kertas atau alat pelepas baki SIM untuk mengeluarkan baki dan juga mengeluarkan kartu. Tepuk-tepuk kartu SIM hingga kering, lalu sisihkan.

4. Lepaskan baterai. Jika ponsel pengguna memiliki akumulator yang tersebut dapat dilepas, keluarkan. Ini adalah juga akan mematikan telepon secara efektif.

Jika pengguna bisa saja melepas baterai, tepuk-tepuk sel hingga kering juga sisihkan. Biarkan penutup akumulator juga terbuka, akibat akan memudahkan ponsel mengering.

5. Lepas apa pun yang menempel di tempat ponsel. Jika HP pengguna memiliki stylus internal atau kompartemen atau penutup lainnya, lepaskan.

Ilustrasi lock screen HP Android. [Unsplash/Daniel Romero]
Ilustrasi HP Android. [Unsplash/Daniel Romero]

6. Lap ponsel hingga kering. Buang sisa air dari bagian luar ponsel. Air yang mana masuk ke bagian pada ponsel dapat membahayakan.

7. Goyangkan telepon dengan lembut. Pegang ponsel dengan erat, lalu goyangkan perlahan agar air meninggalkan dari port pengisian daya, speaker, tombol fisik, jack headphone, slot kartu SIM, serta bukaan lainnya. Jika ada air yang digunakan keluar, bersihkan dengan kain mikrofiber.

8. Tempatkan ponsel di tempat di material pengering. Jika pengguna mempunyai silika gel, yang dimaksud tersedia pada kemasan kecil dengan berbagai barang elektronik baru, gunakanlah itu. Jika tidak, pengguna dapat menemukan substansi pengering seperti DampRid di tempat sebagian besar toko komponen makanan.

9. Biarkan ponsel selama 24 hingga 48 jam. Tahan keinginan untuk segera menyalakan ponsel juga biarkan ponsel berada pada pada unsur penyerap setidaknya selama satu hari penuh.

10. Periksa untuk mengawasi apakah telepon berfungsi. Setelah 24 hingga 48 jam berlalu, pengguna dapat memasang kembali penyimpan daya serta memeriksa apakah ponsel berfungsi.

Jika berfungsi, pengguna harus segera mempertimbangkan untuk mencadangkan foto lalu data lainnya, untuk berjaga-jaga apabila ponsel mengalami kerusakan permanen.

Jika ponsel tidaklah berfungsi setelahnya pengguna membiarkannya benar-benar kering, mungkin saja penyebabnya adalah kesalahan internal.

Itulah beberapa hal yang mana mampu pengguna lakukan untuk memperbaiki HP yang tersebut tergelincir ke pada air.

(Sumber: Suara.com)