3 Olahraga yang tersebut Berisiko Picu Gangguan Tulang Punggung Jika Dilakukan Berlebihan

3 Olahraga yang dimaksud yang dimaksud Berisiko Picu Gangguan Tulang Punggung Jika Dilakukan Berlebihan

Liputanfakta.net – JAKARTA – Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dimaksud sangat dianjurkan untuk tetap saja sanggup menjaga kebugaran kemudian kebugaran tubuh. Ada berbagai jenis olahraga yang tersebut mampu Anda lakukan sesuai dengan keperluan kemudian kemampuan.

Meski dianjurkan untuk menjaga kebugaran kemudian kebugaran, ternyata ada beberapa jenis olahraga yang tersebut bukan baik jikalau diadakan berlebihan. Pasalnya, jenis olahraga yang dimaksud dapat memicu gangguan tulang punggung jikalau dilaksanakan terlalu banyak alias berlebihan. Bahkan, beberapa jenis olahraga juga harus diadakan dengan teknik yang dimaksud benar agar tak berujung pada gangguan tulang belakang.

Lantas, jenis olahraga apa hanya yang mana berpotensi terhadap gangguan atau kelainan pada tulang belakang apabila dijalankan secara berlebihan? Berikut di tempat antaranya, berdasarkan hasil wawancara MNC Portal dengan Consultant Orthopaedic Spine Surgeon ALTY Hospital Kuala Lumpur Dr Lee Chee Kean.

1. Angkat Beban

Weight Lifting alias olahraga angkat beban memang benar mempunyai khasiat untuk menguatkan, khususnya otot punggung. Namun, Dr Lee menyebut, di tempat sisi lain jenis olahraga satu ini ternyata juga punya peningkatan risiko terhadap cedera punggung bawah, baik pada komponen jaringan keras (tulang) maupun komponen jaringan lunak (otot, bantalan sendi, lalu lain-lain).

“Yang paling tak bagus (untuk tulang belakang) adalah main alat gym yang digunakan berat-berat. Terutama ketika main weight lifting, yang mana beratnya sampai 40-50 kilogram. Mereka harus sampai bungkuk badannya, sehingga sangat melibatkan tulang punggung,” tutur Dr Lee ketika diwawancara di area kawasan Cikin, Ibukota Pusat, baru-baru ini.

“Jadi tekniknya perlu sangat betul lalu tepat. Jadi sangat tidaklah baik (untuk tulang punggung) kalau tekniknya salah,” tambahnya.

Dokter Lee menyarankan agar jenis olahraga satu ini dilaksanakan dengan teknik yang dimaksud benar, atau semata-mata dilaksanakan oleh orang-orang yang mana sudah profesional. Pasalnya, apabila diadakan dengan teknik yang mana salah, olahraga ini memiliki risiko tekanan terhadap saraf, teristimewa yang mana terdapat pada tulang belakang hingga memicu saraf terjepit.

“Jadi, yang digunakan main alat itu harus yang sampai sangat-sangat profesional. Kalau orang-orang biasa seperti kita, ada kalanya kita miss step, atau bukanlah pakai otot kaki lalu tangan, tapi justru pakai tenaga dari punggung, itu sanggup memicu cedera,” terangnya.

2. Sit Up

Olahraga sit up banyak digemari, khususnya oleh dia yang mana ingin mendapatkan perut rata hingga berotot. Namun, alih-alih mendapatkan perut yang six-pack, olahraga sit up ternyata bisa saja memicu gangguan pada bantalan sendi di area pinggung apabila dilaksanakan secara berlebihan.

“Yang kedua olahraga menguatkan otot perut seperti sit up. Karena beliau kan naik turun-naik turun, itu bisa saja memicu sendi bantalan pada punggung jadi rusak,” papar Dr. Lee.