4 Tahun Absen, GIICOMVEC 2024 Jadi Solusi Bisnis Satu Atap

4 Tahun Absen, GIICOMVEC 2024 Jadi Solusi Bisnis Satu Atap

Liputanfakta.net – GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo atau GIICOMVEC 2024 akan segera pentas di area DKI Jakarta Convention Centre (JCC) pada 7-10 Maret 2024. Bila disebut sebagai pameran otomotif, ya benar. Akan tetapi, formatnya tidak menyuguhkan passenger car seperti GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show), melainkan kendaraan komersial.

“Konsepnya adalah business to business atau B2B. Jadi kami bukanlah menyelenggarakan untuk pengunjung, akan tetapi mengundang potential buyers. Mulai sasis, karoseri, sampai perusahaan pembuat aksesoris ada. Inilah pameran one stop business solution,” papar Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO sekaligus Ketua Penyelenggara pameran GAIKINDO, di press conference GIICOMVEC 2024 pada JW Luwansa Hotel, Kuningan, DKI Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2024).

Dengan model pameran one stop business solution atau solusi usaha satu atap inilah, GIICOMVEC akan menjadi solusi lengkap bagi semua keinginan kendaraan komersial. Mengingat permintaan para pelaku industri berbeda-beda sehingga memerlukan kustomisasi untuk menyesuaikan ranah lapangan usaha yang tersebut digelutinya, GIICOMVEC siap mempermudah para trade visitor mencari semua kebutuhannya di satu waktu.

Yaitu lewat pameran ini, yang mana menyediakan kendaraan komersial dari para trade visitor. Mulai teknologi terbaru, sasis, karoseri, bidang pendukung, hingga perusahaan pembiayaan.

Sedangkan Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau GAIKINDO menyatakan bahwa pameran GIICOMVEC diselenggarakan pertama pada 2018, kemudian 2020, mengikuti format pameran dua tahunan.

“Akan tetapi negara kita diadang pandemi Wabah lalu acara ini baru mampu diselenggarakan bila kondisi perekonomian telah benar-benar pulih,” ungkap Yohannes Nangoi.

Press conference GIICOMVEC 2024 pada Rabu (7/2/2024) dalam Hotel JW Luwansa, Kuningan Ibukota [Suara.com/CNR ukirsari]
Press conference GIICOMVEC 2024 pada Rabu (7/2/2024) pada Hotel JW Luwansa, Kuningan DKI Jakarta [Suara.com/CNR ukirsari]

Setelah menyeberangi 2022 atau empat tahun kemudian dari penyelenggaraan GIICOMVEC 2020, perkembangan perekonomian nasional terus mengalami kenaikan positif juga iklim pembangunan ekonomi yang digunakan semakin kondusif. Situasi positif ini menjadikan Indonesia sebagai bursa yang dimaksud sangat potensial bagi bidang kendaraan komersial yang dimaksud terus berkembang memenuhi permintaan lingkungan ekonomi nasional.

Kondisi tadi harus dimanfaatkan para pelaku industri, serta salah satu faktor vital di merancang usaha adalah alat dan juga sarana transportasi yang efektif. Sehingga 2024 dirasa GAIKINDO sebagai kesempatan tepat untuk menyelenggarakan kembali pameran kendaraan komersial.

“Saat ini ruas jalan tol yang mana beroperasi pada seluruh Indonesia hampir mencapai 3.000 kilometer, sebuah sarana luar biasa yang dimaksud diperuntukkan belaka untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih, untuk itu kami sangat mengapresiasi otoritas RI. Infrastruktur jalan ini membuka konektivitas antardaerah dan juga oleh oleh sebab itu itu kegiatan perniagaan makin terbuka luas mulai dari lapangan usaha barang konsumsi, produk-produk komoditas, logistik, pariwisata, pertambangan kemudian lainnya. Dengan kendaraan komersial yang tepat juga didukung teknologi terkini, kegiatan industri akan berjalan lebih banyak efektif juga tentunya menguntungkan,” jelas Yohannes Nangoi.

Dengan dukungan penuh dari Kementerian Industri Republik Indonesia serta Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, maka GIICOMVEC 2024 siap digelar.

Selain infrastruktur jalan yang terus ditingkatkan, pemerintahan RI juga merancang serta melengkapi berbagai infrastruktur sarana juga prasarana transportasi massal yang digunakan juga membutuhkan produk-produk juga teknologi terbaru dari kendaraan komersial.

“Karena itu GIICOMVEC 2024 akan menghadirkan barang dan juga teknologi terkini yang mana dibutuhkan untuk dapat membantu keinginan pemerintah juga keperluan kegiatan para pelaku bidang usaha usaha dalam sektor swasta, mulai dari light commercial vehicle, heavy commercial vehicle hingga karoseri,” tukasnya.

Selain memenuhi permintaan lingkungan ekonomi niaga atau komersial nasional, kompetisi GIICOMVEC menjadi kompetisi yang dimaksud mampu memberikan informasi positif untuk pangsa internasional, dan juga menjadi dorongan kegiatan ekspor bidang kendaraan bermotor Indonesia yang sedang terus diupayakan pertumbuhannya.

Pameran kendaraan komersial ini diselenggarakan di area Hall A dan juga Hall B, Ibukota Convention Center (JCC) dengan total area tambahan dari 14.000 meter persegi. Dimeriahkan sederet brand di area Indonesia dari sektor kendaraan komersial kemudian bidang pendukungnya, termasuk brand Daihatsu, Foton, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz Truck & Bus, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Scania, Suzuki, Toyota, UD Trucks, VKTR, lalu Wuling. Ditambah lapangan usaha karoseri Indonesia kemudian lapangan usaha pendukung lainnya.

Juga akan hadir tambahan dari 10 ribu trade visitors serta mempertemukannya dengan merek-merek terkemuka kendaraan komersial untuk membuka peluang baru bagi sektor kendaraan komersial di dalam Indonesia.

Trade visitors GIICOMVEC ditargetkan akan datang dari lapangan usaha transportasi, logistik, proses pembuatan serta infrastruktur, ritel, operator tur lalu perjalanan, pertambangan, minyak, gas, dan juga energi, konstruksi, jasa keuangan kemudian asuransi, barang konsumsi, restoran, kafe, kemudian layanan catering, usaha kecil kemudian menengah (UKM), lembaga kesehatan, badan pemerintah atau perusahaan swasta, lapangan usaha pertanian, kehutanan, serta peternakan, dan juga militer.

Mereka mampu menikmati berbagai penawaran khusus yang tersebut sangat menarik dari para sponsor, yakni Astra Financial sebagai Official Financial Partner dengan dengan Astra Credit Companies, Toyota Astra Financial Services, Asuransi Astra, Surya Artha Nusantara Finance, Bank Jasa Jakarta.

GIICOMVEC 2024 juga bekerja identik dengan asosiasi-asosiasi yang mana berkaitan erat dengan bidang kendaraan komersial, termasuk APTRINDO, IPOMI, ASKARINDO juga ALI. Sedangkan Pertamina Lubricants menjadi sponsor.