5 Makanan yang mana Perlu Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi ketika Berbuka Puasa

5 Makanan yang mana mana Perlu Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi ketika Berbuka Puasa

Liputanfakta.net – JAKARTA – Terdapat sedikitnya lima makanan yang dimaksud perlu dihindari penderita steroid tinggi ketika berbuka puasa. Salah satunya makanan favorit sejuta umat, yaitu gorengan.

Tak lama lagi, umat Islam akan memasuki bulan Ramadan. Pada momen ini, umat Muslim akan segera menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh.

Bagi pengidap hambatan kemampuan fisik seperti steroid tinggi, dia dapat melaksanakan kewajiban puasa sebagaimana orang lain. Namun, mereka tetap memperlihatkan wajib memperhatikan pemilihan makanan ketika mengakses puasa untuk menghindari hal-hal yang mana tidak ada diinginkan.


Lantas, apa hanya makanan yang perlu dihindari penderita lipid tinggi ketika berbuka puasa? Berikut ini beberapa contohnya, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Hari Sabtu (9/3/2024).

Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Kolesterol Tinggi ketika Buka Puasa

1. Gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan yang mana paling disukai warga Indonesia. Bukan hanya saja sebab berharga murah, namun juga rasanya yang dimaksud enak serta bikin ketagihan.

Meski ramah di tempat kantong, gorengan tiada terlalu bagus bagi tubuh apabila kerap dikonsumsi, terlebih bagi pengidap lipid tinggi. Alasannya dikarenakan gorengan mengandung kalori kemudian lemak trans yang tersebut tinggi.

Sebagai informasi, jenis makanan yang mana digoreng dengan minyak pasti akan menghasilkan kadar kolesterolnya naik. Lebih parah apabila proses pembuatannya memakai minyak jelantah yang digunakan sudah ada dipakai berulang kali.

2. Es Krim

Ketika melepas dahaga dengan berbuka puasa, sebagian orang akan mencari makanan atau minuman yang mana menyegarkan. Salah satu contoh yang dimaksud biasa diincar adalah es krim.

Tidak hanya sekali anak kecil, orang dewasa pun cukup menyukai es krim. Namun, perlu diingat bahwa jenis kudapan satu ini juga mengandung lemak darah yang mana cukup tinggi.

Mengutip laman Healthline, es krim adalah komoditas susu penuh lemak yang mana dapat meningkatkan kadar kolesterol. Menurut USDA, rata-rata porsi es krim vanila (1/2 cup) setidaknya punya 4,5 gram lemak jenuh. Besaran yang dimaksud sudah ada melebihi dari asupan maksimal lemak jenuh yang disarankan bagi orang dewasa.

3. Makanan Kilat Saji

Berikutnya adalah makanan cepat saji. Tak jarang, orang memilih jenis makanan yang disebutkan ketika mengungkap puasa akibat dirasa praktis.

Pengidap lemak darah tinggi dianjurkan untuk menghindari jenis makanan cepat saji. Mengutip laman Kemenkes RI, biasanya terdapat zat minyak jenuh yang menghasilkan makanan cepat saji tinggi kolesterol.

Lemak jenuh yang disebutkan muncul dari adanya penambahan hidrogen pada minyak sayur yang mana digunakan untuk menggoreng makanan cepat saji. Beberapa jenis makanan ini yang tersebut populer adalah burger, ayam goreng tepung, kentang goreng, serta lainnya.