Bisnis  

7 BUMN Diusulkan Dapat Suntikan Modal Negara Rp13,6 Billion Tahun Hal ini

7 BUMN Diusulkan Dapat Suntikan Modal Negara Rp13,6 Billion Tahun Hal ini

Liputanfakta.net – JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengusulkan Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun anggaran 2024 untuk tujuh perusahaan pelat merah senilai Rp13,6 triliun. PMN yang disebutkan berasal dari cadangan pembiayaan investasi.

Usulan yang disebutkan disampaikan Erick terhadap Komisi VI DPR ketika rapat kerja (raker), Selasa (19/3/2024). Menurut dia, anggaran itu mampu didalami legislator, sebelum disetujui Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Tahun 2024 ini memang benar kita ada cadangan pembiayaan pembangunan ekonomi yang dimaksud kita dorong senilai Rp13,6 triliun. Saya kira mohon berhadapan dengan PMN yang digunakan diusulkan ini dapat diadakan pendalaman oleh Komisi VI kemudian seluruh jajarannya,” ujar Erick.

Dia mengatakan, dana dari cadangan pembiayaan pembangunan ekonomi itu akan dialokasikan untuk penyehatan bidang usaha BUMN. Selain itu, juga digunakan untuk melaksanakan acara yang digunakan menjadi penugasan pemerintah.

Berikut daftar BUMN yang mana diusulkan mendapat PMN 2024 dari cadangan pembiayaan investasi:

1. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI dengan nilai PMN 2024 yang dimaksud diajukan sebesar Rp2 triliun. Dana ini akan digunakan untuk pengadaan kereta melalui retrofit juga pembelian kereta baru.

2. PT Hutama Karya (Persero) dengan usulan PMN 2024 sebesar Rp1,6 triliun. Anggaran ini dialokasikan untuk penyelesaian ruas Tol Palembang-Betung.

3. Reasuransi Indonesia Utama dengan usulan PMN 2024 senilai Rp1 triliun. Rencananya, PMN dipakai untuk penguatan permodalan.