Bisnis  

BI Optimistis Perekonomian Indonesia Bisa Tumbuh 5,5% di tempat 2024

BI Optimistis Perekonomian Indonesia Bisa Tumbuh 5,5% di dalam tempat 2024

Liputanfakta.net – JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis ekonomi Indonesia berkembang dalam kisaran 4,7-5,5% tahun ini. Faktor pendorong pada antaranya permintaan domestik yang dimaksud kuat dari konsumsi rumah tangga serta investasi.

“Investasi bangunan lebih tinggi tinggi dari perkiraan, ditopang oleh berlanjutnya Proyek Penting Nasional (PSN) pada banyak wilayah juga berkembangnya properti swasta sebagai dampak positif dari insentif pemerintah,” ujar Perry di konferensi pers RDG BI Bulan Maret 2024 di dalam Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Menurut ia konsumsi rumah tangga kemudian pembangunan ekonomi nonbangunan masih terjaga, meskipun perlu terus didorong untuk menyokong berlanjutnya pemulihan kegiatan ekonomi nasional. Tetap baiknya permintaan domestik, kata dia, tecermin pada sebagian indikator, seperti Skala Keyakinan Konsumen, Skala Penjualan Riil, dan juga PMI Proses Produksi yang berada dalam zona optimis.

Sementara, ekspor barang diprakirakan belum kuat seiring penurunan permintaan dari negara mitra dagang utama, khususnya untuk komoditas CPO, besi baja, kemudian batu bara, sedangkan ekspor jasa khususnya pariwisata meningkat kuat.

“Bank Indonesia akan terus meningkatkan kekuatan sinergi stimulus fiskal otoritas dengan stimulus makroprudensial Bank Indonesia untuk memacu perkembangan ekonomi, khususnya dari sisi permintaan domestik,” ujar Perry.