BMKG: 8 Kali Gempa Susulan di tempat Tuban, Warga Diimbau Tak Panik

BMKG: 8 Kali Gempa Susulan di dalam tempat Tuban, Warga Diimbau Tak Panik

Liputanfakta.net – JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, lalu Geofisika (BMKG) melaporkan 8 kali gempa susulan terjadi seusai gempa utama dengan kekuatan M6,0 yang digunakan mengguncang Tuban, Jawa Timur.

Kepala Pusat Gempa Bumi kemudian Tsunami BMKG Daryono mengatakan, aktivitas gempa susulan dengan kekuatan terbesar M5,3 serta terkecil M3,2.

“Hingga pukul 13.10 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 8 kali aktivitas gempa bumi susulan (aftershock ) dengan magnitudo terbesar M5,3 lalu terkecil M3,2,” ujar Daryono, hari terakhir pekan (22/3/2024).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan juga kedalaman hiposenternya, gempa bumi di area Tuban merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar terlibat di area Laut Jawa.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip),” katanya.

Daryono mengimbau rakyat tetap memperlihatkan tenang serta tidak ada terpengaruh oleh isu yang digunakan bukan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian, menghindari bangunan retak atau rusak yang mana diakibatkan gempa.

“Periksa dan juga pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa ataupun bukan ada kerusakan akibat getaran gempa yang mana membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke di rumah,” ujarnya.