Bisnis  

Disetujui Jokowi, Relaksasi HET Beras Premium Diperpanjang Sebulan

Disetujui Jokowi, Relaksasi HET Beras Premium Diperpanjang Sebulan

Liputanfakta.net – JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui perpanjangan relaksasi Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium hingga bulan April 2024 mendatang.

“Bapanas juga ungkapkan terhadap Presiden agar relaksasi harga jual beras premium yang mana sebelumnya Rp13.900 ke Rp14.900 kita minta izin juga disetujui untuk diperpanjang satu bulan ini,” ujar Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi seusai mengunjungi rapat terbatas di area Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Arief menjelaskan bahwa perpanjangan yang dimaksud dijalankan agar stok beras pada lingkungan ekonomi dapat terjaga. “Supaya stok yang ada di tempat market khususnya di area modern market itu serta outlet itu terjaga,” jelasnya.

Arief juga mengumumkan bahwa stok beras di tempat Bulog akan dipertahankan pada berhadapan dengan 2 jt ton. Karena itu, kata dia, perlu upaya mengupayakan produksi pada negeri.

“Produksi kita itu memang sebenarnya harus ditingkatkan sehingga stok Bulog itu akan dijaga levelnya pada berhadapan dengan 2 jt ton. Kalau kemarin sebelumnya 1,2 ini harus dijaga di tempat melawan 2 jt ton. Sehingga produksi pada negeri jadi penting,” ungkapnya.

Pemenuhan stok Bulog tersebut, kata dia, diprioritaskan pada produksi di negeri. Sementara pengadaan dari luar negeri menjadi alternatif terakhir.

“Ketersediaan itu memprioritaskan produksi di negeri. Kemudian kalau memang benar dirasakan perlu pengadaan dari luar negeri, itu akan dilakukan, tapi itu adalah alternatif terakhir,” tandasnya.