Ducati Isyaratkan Depak Satu Tim Satelit, Bagaimana Nasib Tim Valentino Rossi?

Ducati Isyaratkan Depak Satu Tim Satelit, Bagaimana Nasib Tim Valentino Rossi?

Liputanfakta.net – Ducati Corse mengisyaratkan akan datang mendepak satu dari tiga regu satelit yang tersebut dimilikinya. Dari tiga regu satelit, hanya sekali regu milik Valentino Rossi (VR46) yang dimaksud belum jelas nasibnya untuk MotoGP musim depan.

Ducati miliki satu pasukan utama (Ducati Lenovo), kemudian tiga kelompok satelit (Ducati Pramac, Gresini Ducati, lalu Pertamina Enduro VR46 Racing). Ketiga pasukan satelit itu membantu Ducati mendominasi di dua musim terakhir.

Namun demikian, Ducati nampaknya akan menanggalkan satu dari tiga regu satelitnya. Manajer Ducati Corse, Gigi Dall’Igna mengungkapkan Ducati akan kesulitan untuk mempertahankan semua kelompok pada musim depan.

“Akan sulit bagi kami untuk mempertahankan semua regu tahun depan. Pabrikan lain memacu untuk mempunyai pasukan satelit. Mereka juga berkesempatan menawarkan diskon besar lantaran menerima pembayaran bonus dari pelaksana (Dorna) ketika merek mengatur regu satelit,” kata Dall’Igna dilansir dari Corsedimoto, Hari Senin (18/3/2024).

Dari tiga regu satelit itu, cuma VR46 Racing yang berpotensi ditinggalkan. Alasannya, Ducati Pramac dikenal sebagai regu satelit nomor satu, sementara Gresini Ducati baru hanya menambah masa berlaku kontrak dengan Ducati hingga akhir 2025.

Direktur Olahraga Ducati Corse, Mauro Grassili mengungkapkan telah berbicara dengan perwakilan Pertamina Enduro VR46 Racing. Namun menurutnya, negosiasi berjalan alot antara kedua belah pihak.

“Kami sedang berbicara dengan VR46 untuk memperluas kolaborasi kami. Tapi itu tiada mudah,” ungkap Grassilli.

Sementara itu, Direktur Olahraga Pertamina Enduro VR46 Racing, Alessio Salucci membenarkan pihaknya sudah ada berbicara dengan Ducati Corse. Dia juga bukan menangguhkan kemungkinan Pertamina Enduro VR46 Racing bisa saja bergabung dengan Yamaha pada musim depan.

“Mungkin kami akan menemukan cara yang tepat untuk dapat segera menandatanganinya (kontrak). Saya menanyakan sesuatu terhadap Ducati. Kami cukup dekat. Saya tak tahu,” ujar Salucci.