Gus Men: Petugas Haji Harus Beri Layanan Terbaik untuk Jemaah Lansia

Gus Men: Petugas Haji Harus Beri Layanan Terbaik untuk Jemaah Lansia

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memohon untuk anggota haji untuk memberikan pelayanan terbaik untuk jemaah haji lanjut usia atau Lansia. Pesan itu disampaikan Menteri Agama ketika menghentikan acara Bimbingan Teknis Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pada Asrama Haji Pondok Gede, Ibukota Indonesia Timur, Rabu (27/3/2024).

Menag berharap para tim haji Nusantara dapat menjalankan tugasnya dengan berintegritas. Pria yang tersebut akrab dipanggil Gus Men itu mewanti-wanti terhadap pelaku haji agar benar-benar memanfaatkan kesempatan melayani tamu Allah teristimewa jemaah lansia.
”Syukuri kesempatan ini dengan cara memberikan pelayanan terbaik. Siapkan langkah kaki, siapkan bahu kalian untuk membantu jemaah Lansia. Anggap jemaah sebagai khalayak tua kita sendiri. Perlakukan jemaah sebagai saudara, kakak, adik,”kata Yaqut Cholil Qoumas.

Gus Men juga memberikan arahan agar para anggota haji mengutamakan pelayanan bagi jemaah lansia.”Kita semua adalah pelayan jemaah lansia lalu disabilitas. Kita semua memberikan pelayanan terbaik terhadap jemaah lansia lalu disabilitas,” ujarnya.

Gus Men kembali mengingatkan agar para tenaga haji betul-betul menjalankan tugas dengan baik tanpa pilih-pilih. “Jangan semata-mata meninjau belaka di mana butuh bantuan, bagaimanapun juga dari bagian layanan katering atau yang lain. Kalau hanya saja diam, tapi bukan melayani akan saya pulangkan. Mohon maaf. Jadi laksanakan tugas dengan baik,” tuturnya.

Menag juga meminta-minta para tim haji agar mensyukuri nikmat berhaji dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu Allah.”Bukan kami yang dimaksud memilih (bapak-ibu anggota haji), tapi Allah yang tersebut memilih, nabi Ibrahim yang digunakan memanggil, kami Kemenag hanya saja wasilah,” pungkasnya.

Artikel ini disadur dari Gus Men: Petugas Haji Harus Beri Layanan Terbaik untuk Jemaah Lansia