Hasto PDIP Ungkap Kondisi Menteri Jokowi Tak Nyaman Jelang Pemilu, Raja Juli: Tidak Etis

Hasto PDIP Ungkap Kondisi Menteri Jokowi Tak Nyaman Jelang Pemilu, Raja Juli: Tidak Etis

Liputanfakta.net – Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menanggapi pernyataan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto perihal situasi Kabinet Indnesia Maju pada waktu ini.

Hasto sebelumnya mengungkapkan cerita Menteri Sosial Tri Rismaharini yang digunakan juga kader PDIP, bahwa situasi kabinet pada bawah komando Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuatnya tak nyaman.

“Ada baiknya Mas Hasto tidaklah terlalu mudah menduga-duga. Tidak etis. Tidak baik melempar dugaan-dugaan yang memperkeruh suasana politik,” kata Raja Juli untuk wartawan, Rabu (31/1/2024).

“Kita perlu menjaga proses demokrasi agar berlangsung meriah, sopan kemudian santuy, terpencil dari dugaan juga fitnah yang tersebut memecah-belah,” tambah dia.

Raja Juli yang mana juga merupakan Wakil Menteri Agraria juga Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengaku berbicara baik dengan anggota kabinet lainnya.

“Semua bekerja dengan giat, tekun, serta sepenuh hati membantu Pak Presiden Jokowi yang digunakan diberi mandat oleh rakyat,” ujar Raja Juli.

Dia mengakui bahwa beberapa orang anggota kabinet Jokowi mempunyai afiliasi serta preferensi politik. Namun, beliau menegaskan bahwa sikap urusan politik itu merupakan hak warga negara yang tersebut dijamin konstitusi.

“Namun saya meninjau perbedaan pandangan lalu nuansa urusan politik tidak ada menciptakan kabinet terfragmentasi. Para anggota KIM adalah orang-orang yang digunakan berpendidikan lalu dewasa, sangat mampu meletakkan kepentingan masyarakat di area melawan kepentingan personal dan juga partai politik,” tandas Raja Juli.

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto mengungkapkan situasi rapat Kabinet Indonesia Maju setelahnya Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa presiden boleh memihak serta berkampanye.

Hal itu disampaikan Hasto berdasarkan cerita Menteri Sosial Tri Rismaharini yang tersebut juga merupakan kader PDIP.

“Bahkan Bu Risma menceritakan sekarang suasana di tempat rapat kabinet, bahkan ketika mau rapat itu diperiksa, ada unsur-unsur ketidaknyamanan,” kata Hasto pada Industri Media Center Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo lalu Mahfud MD, DKI Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024).

“Tapi tugas untuk rakyat, bangsa dan juga negara harus melegakan diri dari berbagai kenyamanan sebab untuk mengurus rakyat diperlukan integritas, diperlukan keteguhan pada prinsip yang dijalankan oleh Bu Risma,” tambah dia.

(Sumber: Suara.com)