Bisnis  

Heboh Perusahaan BUMN Mau Dijadikan Koperasi, Pusat Olahraga Ikut Resah

Heboh Organisasi BUMN Mau Dijadikan Koperasi, Pusat Olahraga Ikut Resah

Liputanfakta.net – Isu perusahaan BUMN yang dimaksud mau dijadikan koperasi oleh satu paslon pada pilpres 2024 juga memantik perhatian banyak cabang olahraga di negeri. Pasalnya, pada waktu ini banyak dari perusahaan BUMN yang digunakan menjadi ‘bapak angkat’ cabang olahraga tertentu.

Salah satunya cabang angkat besi yang langganan tampil kemudian meraih medali di tempat Olimpiade, menurut Kabid Pembinaan PB PABSI, Hadi Wihardja menyatakan diperkenalkan BUMN yang tersebut membantu olahraga menjadi keperluan utama bagi pembinaan juga juga prestasi.

Dalam dua tahun terakhir dikatakan dirinya, PT Pupuk Indonesia telah lama menjadi bapak angkat PB PABSI (Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia) berperan strategis pada melahirkan lifter-lifter kelas dunia juga juara Asia.

“BUMN melalui PT Pupuk Indonesia sangat berkontribusi bagi angkat besi. Mereka terlibat dan juga memberikan dukungan sponsor di dua tahun terakhir. Hasilnya sangat positif dengan sejumlah lifter usia muda sekarang ini berkibar dalam tingkat asia lalu international,” kata disitir di dalam Jakarta, hari terakhir pekan (9/2/2024).

Ia menambahkan selama ini dukungan yang diberikan PT Pupuk Indonesia digunakan untuk mengatur kompetisi nasional untuk kategori terbuka, tingkat remaja, kemudian junior.

“Berkat dukungan BUMN pada setiap event PABSI, pada saat ini telah terjadi muncul para lifter tingkat remaja dalam bawah 17 tahun kemudian divisi junior 18 hingga 20 tahun. Bahkan merek telah juara Asia di tempat kategorinya,” lanjut Hadi.

Di Kejuaraan Angkat Besi Asia 2024 dalam Tashkent, Uzbekistan, yang berakhir 6 Februari lalu, tiga lifter putra serta manusia lifter putri mendulang berbagai medali.

Rahmat Erwin Abdullah meraih tiga medali emas dalam kelas 73 kg putra, Rizki Juniansyah (3 perak/73 kg putra), Ricko Saputra ( 2 perak dan juga 1 perunggu/ 61 kg putra, juga lifter putri potensial selama Papua, Natasya Beteyob (1 perak lalu 2 perunggu/ 59 kg putri)

Peran besar BUMN bagi cabang angkat besi juga disampaikan Sekjen PABSI, Djoko Pramono. Menanggapi adanya wacana untuk mengubah BUMN menjadi koperasi yang digunakan beredar di area masa kampanye Pilpres 2024 ini, menurut Sekjen PABSI, hal itu telah melampaui batas.

“Jika ada yang digunakan janji kampanye apa-apa atau punya wacana tertentu, baiknya yang dimaksud masuk akal dan juga tak sekadar cari muka. Belum tentu akan menjadi pemimpin atau presiden, tapi sudah ada punya rencana kebijakan yang digunakan mendadak dan juga mengubah semuanya. Hal ini tidak ada benar. Padahal selama ini, BUMN sudah ada banyak membantu kami dan juga terbukti bantuan itu menghasilkan kembali prestasi,” tegas Djoko Pramono.

Sebelumnya, Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan telah dilakukan menyingkap pendapat terkait isu dirinya akan membubarkan BUMN juga diganti menjadi koperasi. Anies menyatakan hal itu sebagai fitnah.

“Yang ingin saya ungkapkan itu tak benar. Itu fitnah, fitnah yang tersebut tidak ada masuk akal,” kata Anies Selasa (6/2/2024).

Pernyataan itu disampaikan Anies ketika mengunjungi acara Desak Anies di tempat Semarang pada Hari Senin (5/2/2024) malam. Anies menyatakan ide untuk membubarkan BUMN untuk diganti koperasi merupakan sesuatu yang dimaksud mustahil.

“Jadi ketika itu kemudian Pak Menterinya yang digunakan ngomong loh, Pak Menterinya memang benar nggak berpikir kritis gitu?,” ujarnya.

Anies mengungkapkan perlu ada pembaharuan pada tata kelola BUMN. Dia menekankan fungsi BUMN sebagai salah satu alat pada pengerjaan negara.

“Kami ingin tegaskan BUMN ke depan adalah BUMN yang mana menjalankan fungsi negara. Negara itu punya dua tangan, satu namanya birokrasi, satu namanya korporasi. Yang birokrasi itu badan, dinas itu birokrasi yang kedua namanya korporasi BUMN, BUMD, keduanya punya tugas melakukan pembangunan. Jadi Badan Usaha Milik Negara jangan dipandang sebagai badan mencari untung untuk negara, negara bukan bekerja untuk mencari untung,” jelasnya.