Tekno  

Indonesia Kalahkan Negara Pengembang Game di tempat Piala Asia eFootball, Netizen Bangga

Indonesia Kalahkan Negara Programmer Game di dalam tempat Piala Asia eFootball, Netizen Bangga

Liputanfakta.net – Timnas Indonesia kalah dari Australia pada fase 16 besar Piala Asia 2023 dengan skor 0 vs 4 beberapa waktu lalu. Meski begitu, Timnas Indonesia mempunyai divisi eSports yang dimaksud cukup tangguh. Buktinya, Timnas eFootball Indonesia mampu menjuarai Piala Asia eFootball 2023 atau AFC eAsian Cup 2023 pada Hari Senin (05/02/2024).

Mereka mencetak sejarah dengan mengalahkan Timnas eFootball Jepun dengan skor 2 vs 0 dalam putaran puncak. eTimnas Indonesia beranggotakan Rizky Faidan, Elga Cahya Putra, dan juga Akbar Paulie.

Sebagai informasi, AFC eAsian Cup 2023 merupakan edisi pertama kompetisi yang digunakan diselenggarakan pada Doha, Qatar. Para partisipan di area kejuaraan yang dimaksud mengandalkan timnas masing-masing di dalam game eFootball 2024. Itu adalah game besutan Konami, perusahaan pengembang sekaligus penerbit game selama Jepang.

Kemenangan 2 vs 0 berhadapan dengan Negeri Sakura membuktikan bahwa Indonesia mampu mengalahkan negara pembuat game eFootball. Laga puncak menggunakan skema BO3 (Best of Three) seperti putaran 16 besar sebelumnya. Hal ini berarti skor yang digunakan tercipta bisa saja menjadi 2 vs 1 atau 2 vs 0.

Pada game pertama, Timnas eFootball Indonesia menang melawan Negeri Sakura lewat adu penalti. Mereka akhirnya menang di area putaran tos-tosan dengan skor 3 vs 2. Saat game pertama, Indonesia sempat menjadi pemimpin 1 vs 0.

Timnas eSports Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023. (YouTube AFC Asian Cup)
Timnas eSports Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023. (YouTube AFC Asian Cup)

Namun, Negeri Matahari Terbit menyamakan kedudukan 1 vs 1 sebab berhasil mencetak gol di tempat masa injury time. Indonesia lalu Jepun bermain sengit pada game kedua. Negeri Matahari Terbit bermain ngotot mengingat mereka itu tertinggal 0 vs 1 melawan Indonesia di tempat game pertama.

Tendangan bebas indah meyakinkan Indonesia meraih kemenangan game kedua dengan skor 1 vs 0. Pantauan melalui Trends24.in, tiga hashtag seperti Rental PS, #eAsianCup, King Indo menempati trending topik di tempat X (dulu Twitter).

Lebih dari 14 ribu cuitan dalam X mengkaji kemenangan Timnas eFootball Indonesia berhadapan dengan Jepang. Tak hanya sekali itu, video Grand Final AFC Asian Cup 2023 dengan segera menempati trending nomor satu di tempat YouTube kategori Game.

Video yang dimaksud trending setelahnya ditonton lebih banyak dari 2,9 jt kali pada kurun waktu sehari. Netizen merasa bangga oleh sebab itu perwakilan Indonesia mampu mengalahkan Negeri Sakura dalam laga eSports bergengsi tingkat Asia.

Timnas eSports Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023. (YouTube AFC Asian Cup)
Timnas eSports Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023. (YouTube AFC Asian Cup)

Bangganya gue. Nggak sia-sia sedari kecil main pada rental PS. Akhirnya ada delegasi kita yang mana ngalahin Jepang,” kata @par**i*78.

Free kick mematikan ala King Indonesia. Terima kasih Faidan, Elga, dan juga Paudie,” ungkap @re**st*aco.

Banyaknya rental PS membuktikan bahwa akedemi eSports kita telah terbentuk sejak dini,” cuit @dim**j**boku.

Gokil, Indonesia ngalahin negara pembuat game. Akademi rental PS nih bos, senggol dong,” komentar @ri**hb*ng.