Hal ini Biang Kerok AC Mobil Keluarkan Bau Apek, Pemobil Wajib Tahu

Hal ini Biang Kerok AC Mobil Keluarkan Bau Apek, Pemobil Wajib Tahu

Liputanfakta.net – AC mobil, sebuah komponen yang tersebut dibutuhkan pemobil ketika berkendara pada jalan agar tetap memperlihatkan nyaman. Kehadiran AC ini akan memberikan kesegaran udara di kabin ketika mengendarai mobil.

Namun tak jarang pemobil yang dimaksud menemukan keanehan dengan keberadaan komponen satu ini, salah satunya timbul bau apek.

Bau apek ketika AC dinyalakan memang sebenarnya mengganggu kenyamanan ketika berkendara. Timbulnya bau apek ini ternyata disebabkan beberapa faktor. Yuk simak biang kerok AC keluarkan bau apek dilansir dari Auto2000.

1. Freon yang tersebut Hampir Habis

Freon, senyawa kimia yang umum digunakan di sistem pendingin udara, termasuk AC mobil, dapat menipis seiring pengaplikasian mobil. Ketika freon hampir habis, aroma apek sanggup muncul dari AC. Perhatikan juga suhu AC yang bukan sejuk sebagai tanda lainnya.

2. Filter Kotor

Filter AC yang mana kotor bisa saja mengganggu kinerja AC, bahkan memunculkan aroma yang mana kurang sedap pada pada kabin mobil. Meskipun terlihat bersih dari luar, filter seringkali sangat kotor dalam pada dikarenakan penumpukan debu serta kotoran yang digunakan menyebabkan peningkatan jamur.

3. Evaporator Berjamur

Debu serta kotoran dapat masuk ke di sistem AC, teristimewa di dalam evaporator. Jika tidaklah dibersihkan secara teratur, jamur mampu berkembang di dalam sana, menciptakan aroma yang tersebut tak sedap ketika AC dihidupkan. Pastikan untuk membersihkannya secara rutin dengan menggunakan air mengalir.

4. Bau dari Kerusakan Tangki Bensin

Terkadang, bau yang digunakan bukan sedap dari AC mobil bisa jadi berasal dari bensin. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh kecacatan pada tangki bensin, teristimewa apabila penutupnya longgar. Bau bensin ini bisa jadi menjadi sangat mengganggu ketika AC dinyalakan.

5. Grille Kotor

Grille, yang mana berfungsi sebagai filter udara di tempat di kabin mobil, dapat menjadi penyulut lain dari aroma tidaklah sedap. Kotoran yang tersebut menumpuk dalam grille sanggup menyebabkan bau yang tersebut kurang sedap, teristimewa ketika AC dinyalakan.