Jangan Anggap Remeh, Kebersihan Alat MPASI Juga Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak Loh

Jangan Anggap Remeh, Kebersihan Alat MPASI Juga Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak Loh

Liputanfakta.net – Hari Gizi Nasional menjadi momen penting untuk mengampanyekan peran makanan pendamping air susu ibu (MPASI) yang tersebut sehat lalu bergizi untuk anak. Secara tegas, Kementerian Aspek Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan pemberian MPASI yang mana benar dan juga tepat turut berpengaruh terhadap berkembang kembang anak.

“MPASI diberikan dengan cara yang benar (Aman), ini artinya diberikan secara terjadwal juga juga mengikuti respon lapar serta kenyang dari anak-anak,” ujar Lovely Daisy.

Sementara itu menyampaikan laman Healthline, selain menu juga gizi, kebersihan alat MPASI juga wajib jadi perhatian orangtua. Sebab, menjaga kebersihan alat makan MPASI penting bagi kondisi tubuh bayi, teristimewa mengurangi penularan penyakit dari kuman lalu bakteri. Beberapa alasan pentingnya menjaga kebersihan alat makan MPASI, di area antaranya:

ilustrasi MPASI (frepik.com/timolina)
ilustrasi MPASI (frepik.com/timolina)

Mencegah Penularan Penyakit: Penyakit dapat mudah menular melalui kontak dengan alat makan yang mana kotor. Dengan menjaga kebersihan alat makan, risiko penularan penyakit dapat diminimalkan.

Menghindari Keracunan Makanan: Jika alat makan tak dibersihkan dengan baik, sisa-sisa makanan yang menempel dapat menjadi tempat perkembangan bakteri yang digunakan dapat menyebabkan keracunan makanan jikalau tak segera diatasi.

Pencegahan Alergi: Kebersihan alat makan juga berkaitan dengan pencegahan alergi makanan. Sisa-sisa protein atau zat-zat alergen yang tertinggal pada alat makan dapat menyebabkan reaksi alergi pada bayi atau anak.

Pendidikan Pola Hidup Sehat: Dengan mengajarkan kebiasaan menjaga kebersihan alat makan dari awal, orang tua dapat membantu membentuk pola hidup sehat pada anak-anak, yang mana akan berdampak positif pada kondisi tubuh merek di tempat masa depan.

Pengaruh Terhadap Selera Makan: Kebersihan alat makan juga dapat mempengaruhi selera makan anak. Anak cenderung lebih lanjut suka makan apabila alat makannya bersih lalu menarik, sehingga hal ini dapat membantu meyakinkan bahwa anak mendapatkan nutrisi yang digunakan cukup dari makanan yang diberikan.

Dalam menyokong berkembang kembang anak, Christine Tjipto, Community Manager Yunikon, menggarisbawahi pentingnya Perilaku Hidup Bersih kemudian Seimbang (PHBS) pada persiapan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Pasca pandemi Covid-19, Yunikon menawarkan solusi praktis dengan produk-produk antibakteri seperti tissue basah lalu hand sanitizer, menjaga kebersihan tangan juga alat makan. Desain kemasan menarik Yunikon serta materi berstandar food grade melakukan konfirmasi keamanan, bahkan untuk bayi.

Yunikon berikrar mengupayakan upaya pencegahan diare pada anak-anak dengan rangkaian produknya yang digunakan terjangkau. Sebagai bentuk apresiasi, Yunikon memberikan hadiah dengan segera sebagai uang tunai di kemasan, memacu motivasi menjaga kebersihan dan juga kesehatan.

“Saat mempersiapkan unsur lalu alat makan MPASI, kebersihan kerap dilupakan. Oleh dikarenakan itu, barang antibakteri seperti tissue basah juga hand sanitizer menjadi pilihan untuk memverifikasi masih higienis namun praktis,” jelas Christine.

(Sumber: Suara.com)