Bisnis  

Jokowi Ugal-ugalan Soal Bansos, Sri Mulyani lalu Megawati Berjumpa Empat Mata

Jokowi Ugal-ugalan Soal Bansos, Sri Mulyani lalu Megawati Berjumpa Empat Mata

Liputanfakta.net – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengakui, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah dilakukan bertemu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara empat mata beberapa waktu lalu.

Dikatakan Hasto konferensi yang dimaksud membicarakan perihal politisasi bansos yang digunakan dijalankan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ya, pada waktu ini kan ada upaya-upaya untuk menggunakan Bansos demi kepentingan elektoral, sampai anggaran dalam setiap Kementerian dipotong 5 persen untuk elektoral,” kata Hasto dalam GBK akhir pekan lalu.

Asal tahu semata pada akhir tahun 2023 kemarin Jokowi memerintahkan Sri Mulyani untuk melakukan pemblokiran anggaran Kementerian/Lembaga (K/L) hingga mencapai Rp50,14 triliun di dalam APBN 2024.

Kondisi ini menimbulkan Sri Mulyani pusing tujuh keliling, bendahara negara ini pun mau tak mau mengikuti perintah sang presiden.

Sehingga terbitlah Surat Menteri Keuangan Nomor S-1082/MK.02/2023 tentang Automatic Adjustment Belanja Kementerian/Lembaga TA 2024. Dimana, masing-masing K/L mesti menyisihkan 5 persen dari total anggaran untuk dialihkan.

Hasto pun menyayangkan langkah kebijakan pemerintah anggaran Jokowi ini.

“Ini kan kita harus meninjau kepentingan nasional yang lebih banyak besar,” tuturnya.

Selain membicarakan politisasi bansos tersebut, Hasto juga menyatakan pertemuan itu juga mengeksplorasi situasi bangsa lalu negara.

“Tentu saja, juga berbicara tentang kondisi bangsa juga negara, berbicara tentang fiskal. Itu merupakan hal penting,” katanya.