Kekuatan NasDem di area Parlemen Tak Besar, Surya Paloh Pertimbangkan Gulirkan Hak Angket

Kekuatan NasDem pada area Parlemen Tak Besar, Surya Paloh Pertimbangkan Gulirkan Hak Angket

Liputanfakta.net – JAKARTA – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mempertimbangkan mengeluarkan instruksi terhadap fraksi partainya pada DPR untuk menggulirkan hak angket kecurangan pemilihan raya 2024.

Pasalnya, kekuatan fraksi NasDem dalam parlemen sangat terbatas untuk mengupayakan dan juga menjamin hak angket bergulir di area DPR.

“Ada keterusterangan, ada spontanitas, saya pikir saya harus katakan dengan energi Partai NasDem yang tersebut relatif masih amat terbatas,” ujar Surya pada waktu jumpa pers di dalam NasDem Tower, Ibukota Pusat, Rabu (20/3/2024).

Menurut dia, dukungan wacana hak angket Fraksi NasDem semata-mata untuk menghormati hak konstitusional anggota fraksi dalam DPR. “Kalaupun NasDem menggalakkan hak angket itu semata-mata lantaran penghormatan terhadap hak konstitusional yang tersebut dimiliki seluruh anggota dewan,” ucapnya.

Dengan kekuatan NasDem di dalam parlemen, Surya mempertanyakan efektivitas bila hak angket digulirkan fraksinya. Apalagi hak angket sangat tergantung pada kekuatan pernyataan fraksi dalam parlemen.

“Demokrasi yang ada pada waktu ini tak lagi mengedepankan asas musyawarah juga mufakat, tapi ucapan terbanyak. Ketika kita berhadapan pemilihan pengumuman terbanyak, kita harus pikir dulu kita sudah ada sejumlah pernyataan belum?” kata Surya.

Sebelumnya, Koalisi Perubahan mengupayakan wacana capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang digunakan menggulirkan penyelenggaraan hak angket untuk menyelidiki kejanggalan pemilihan raya 2024.

Sikap itu diputuskan setelahnya para sekjen Koalisi Perubahan menyelenggarakan pertemuan di dalam NasDem Tower, DKI Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024).

Tiga elite petinggi parpol yang digunakan bertemu yakni Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, serta Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi.

Setelah pertemuan, Hermawi mengaku miliki kesamaan semangat dengan capres nomor urut 1 Anies Baswedan yang digunakan memperkuat sikap Ganjar agar DPR menggunakan hak angket.

“Semangat kami sebagai satu kesatuan yang tersebut utuh. Tiga partai yang tersebut solid berkoalisi, semangat kami seperti semangat yang mana disampaikan Pak Anies. Kita siap dengan inisiator PDIP menggulirkan angket,” ujar Hermawi.