Ketahui Penyebab Knalpot Keropos juga Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Knalpot Keropos juga Cara Mengatasinya

Liputanfakta.net – JAKARTA – Penyebab knalpot motor keropos juga cara mengatasinya penting untuk dipahami. sebabnya knalpot merupakan salah satu komponen penting kendaraan.

Selain sebagai penyalur gas buang, knalpot juga berfungsi untuk meredam pengumuman bising dari proses pembakaran dalam ruang mesin. Untuk itu kondisi knalpot harus dipastikan setiap saat pada keadaan baik, tak keropos.

Masalah knalpot keropos bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal. Bagi yang dimaksud belum tahu, ada beberapa pemicu knalpot motor gampang keropos. Berikut paparannya, dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2024).

1. Karat

Penyebab utama knalpot motor gampang keropos adalah oleh sebab itu karat. Jika terlalu lama dibiarkan, karat akan menggerogoti knalpot sehingga keropos. Karat sendiri muncul lantaran knalpot jarang dibersihkan. Kotoran yang digunakan menempel di dalam knalpot lama kelamaan akan menjadi kerak membandel kemudian menjadi pemicu karat.

2. Intensitas pemakaian tinggi

Selain karat, pemicu lain knalpot gampang keropos adalah oleh sebab itu pemakaian motor yang digunakan tinggi. Bukan rahasia lagi bahwa semakin kerap serta lama motor digunakan, maka mesin akan semakin panas. Panas yang dihasilkan mesin tentu akan menjalar ke knalpot. Hal ini kalau terus menerus terjadi akan menciptakan kualitas knalpot mengecil hingga akhirnya knalpot menjadi keropos.

3. Pembakaran tidaklah sempurna

Hasil pembakaran yang tersebut tidak ada sempurna akan menghasilkan kerak karbon menumpuk di area pada knalpot. Apabila dibiarkan juga tak dibersihkan maka dapat menimbulkan knalpot jadi gampang keropos atau bahkan bocor.

Nah itulah beberapa penyabab knalpot keropos. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Tentu dengan membersihkan knalpot secara menyeluruh guna menjamin kondisi knalpot tetap saja terawat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sanggup dengan mengikuti langkah-langkah berikut, sebagaimana dilansir dari media berbagi video YouTube:

– Siapkan kuas, minyak goreng, dan juga wadah
– Tuang minyak goreng ke wadah
– Bersihkan kotoran atau karat yang dimaksud ada pada knalpot
– Oles minyak goreng ke knalpot dengan menggunakan kuas
– Lakukan secara merata dan juga menyeluruh.

Perlu diketahui proses ini dilaksanakan untuk menghindari timbulnya karat pada knalpot kendaraan bermotor . Bagaimana, mudah bukan? Semoga tutorial ini bermanfaat.