Tekno  

Kominfo Gandeng Timor Leste Kembangkan AI, Big Data, dan juga Internet of Everything

Kominfo Gandeng Timor Leste Kembangkan AI, Big Data, lalu juga Siber of Everything

Liputanfakta.net – Menteri Komunikasi lalu Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi mengumumkan kerja serupa dengan Menteri Komunikasi juga Transportasi Timor Leste Miguel Marques Gonçalves Manetelu.

Kerja identik Indonesia lalu Timor Leste ini diresmikan oleh penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Budi Arie menjelaskan kalau kolaborasi merekan merupakan upaya memajukan sektor komunikasi lalu informatika.

Menurutnya, ruang lingkup kerja serupa dengan Timor Leste mencakup bidang komunikasi radio, jasa telekomunikasi, perangkat lunak informatika dan juga layanan pos kemudian kurir.

“Bentuk kerja mirip pada MoU untuk bidang komunikasi radio nantinya kedua negara akan melakukan koordinasi lalu monitoring spektrum tingkat kejadian radio pada wilayah perbatasan,” ungkap Budi Arie, diambil dari siaran pers Kominfo, Mingguan (28/1/2024).

Selain itu, kerja mirip keduanya turut mencakup pertukaran data juga informasi stasiun radio di dalam area perbatasan hingga sistem manajemen spektrum radio.

Menurut Budi Arie, Indonesia memperkuat iklan lalu pengembangan kerja serupa teknologi 5G juga fasilitasi pengerjaan infrastruktur telekomunikasi. Kedua negara turut berupaya meningkatkan pembangunan jaringan komunikasi, termasuk menjembatani kesenjangan digital juga sistem penanggulangan bencana.

“Tentunya hal ini akan dilaksanakan pelopor telekomunikasi termasuk sektor swasta dengan skema pembangunan ekonomi di dalam Timor Leste,” imbuhnya.

Indonesia serta Timor Leste juga menyepakati pertukaran informasi serta kerja mirip mengenai tata kelola internet dan juga menguatkan kerja sebanding startup business matchmaking agar ekosistem perekonomian digital lebih besar berkembang.

“Kedua negara juga bekerja sejenis memasarkan teknologi terbaru seperti Artificial Intelligence (AI), Big Data, juga Dunia Maya of Things (IoT),” ujarnya.

Lebih lanjut Budi Arie menyatakan, dalam sektor layanan pos kemudian kurir Indonesia dan juga Timor Leste menyepakati kerja identik filateli dan juga penerbitan perangko, pengembangan layanan remitansi, serta pertukaran kiriman pos di tempat area perbatasan.

“Sesuai MoU, kedua negara juga melakukan pertukaran informasi kebijakan lalu regulasi radio, telekomunikasi, aplikasi mobile informatika, dan juga pos dan juga kurir,” tandasnya.

(Sumber: Suara.com)