Bisnis  

Konsisten Dampingi UKM, Pertagas Raih The Best SME CSR Awards Asia 2024

Konsisten Dampingi UKM, Pertagas Raih The Best SME CSR Awards Asia 2024

JAKARTA – PT Pertamina Gas (Pertagas) memborong 6 penghargaan pada turnamen SME CSR Awards Asia 2024 yang diselenggarakan oleh La Tofi School of CSR serta Portman Education. Penghargaan internasional yang dimaksud diberikan sebagai pengakuan melawan kontribusi Pertagas di menyokong kemajuan usaha kecil menengah (UKM) di dalam sekitar wilayah operasionalnya melalui implementasi inisiatif tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR).

Konsistensi Pertagas mendampingi penduduk juga menimbulkan afiliasi Sub Holding Gas Pertamina ini memperolehpenghargaan tertinggi sebagai The Best Anugerah UKM TJSL Asia 2024, yaitu penghargaan perusahaan terbaik yang digunakan berazam di menjalankan program-program CSR sehingga berdampak positif bagi penduduk ke sekitar wilayah operasinya.

Enam penghargaan yang digunakan diraih dari SME CSR Awards Asia 2024 terdiri dari empat penghargaan kategori perusahaan yang diraih oleh unit perniagaan Pertagas, yakni Operation East Java Area (OEJA) kategori pengembangan UKM kelompok wanita dengan kegiatan Kidung Tanggulangin, Operation Kalimantan Area (OKA) kategori pengembangan UKM kelompok pemuda dengan acara Kampung Bersama, Operation South Sumatera Area (OSSA) kategori pengembangan UKM kelompok petani/nelayan dengan kegiatan PUSAKA Tani dan juga Operation West Java Area (OWJA) kategori mitra pengembangan CSR UKM dengan kegiatan Perisai Jaga Bumi.

Selanjutnya, Rencana CSR PT Pertamina melalui unit usahanya Operation West Java Area (OWJA) yaitu acara Kawat Cinta, UKM KWT Kenanga yang meraih penghargaan kategori UKM makanan serta minuman. Proyek yang digunakan sudah dirintis sejak tahun 2020 pada Desa Tanjung Cilamaya yang mengangkat isu rawan pangan ini, mampu memberdayakan ibu-ibu mantan buruh migran melalui produksi makanan serta minuman hasil pekarangan.

“Melalui bermacam inisiatif, Pertagas berikrar terus membantu pertumbuhan lalu perkembangan UKM, meningkatkan kekuatan kemitraan dengan penduduk pada upaya penerapan CSR yang dimaksud berkelanjutan,” ungkap Corporate Secretary Pertamina Gas Muhammad Baron, melalui informasi tertulis, Rabu (3/4/2024).

Baron pun menyampaikan apresiasinya menghadapi penghargaan yang tersebut diberikan La Tofi School kemudian Portman Education. Dia menegaskan, komitmen Pertamina Gas pada membina UKM tiada lepas dari upaya menggalang capaian Sustainable Development Goals (SDGs), utamanya poin 8 mengenai pekerjaan layak juga perkembangan ekonomi.

“Kami juga berpedoman pada prinsip environment social governance (ESG ) pada menjalankan usaha juga investasi, tentunya dengan mengedepankan aspek lingkungan, sosial, dan juga tata Kelola perusahaan yang tersebut sesuai dengan good corporate governance (GCG),” tambahnya.

Sustainability Expert La Tofi School of Social Responsibility yang tersebut juga salah satu anggota grup penilai Anugerah UKM TJSL Asia 2024 Aris Damono berharap, perusahaan-perusahaan pada Asia dapat memanfaatkan event ini untuk semakin menguatkan kolaborasinya dengan UKM-UKM di wilayahnya masing-masing. “Dengan begitu, kesepahaman tentang keberlanjutan dan juga CSR ke antara merekan diharapkan berubah menjadi semakin baik lalu strategis,” tuturnya.

Artikel ini disadur dari Konsisten Dampingi UKM, Pertagas Raih The Best SME CSR Awards Asia 2024