Korlantas Ungkap Diskon Tarif Tol untuk Ajak Publik Mudik Lebih Awal

Korlantas Ungkap Diskon Tarif Tol untuk Ajak Publik Mudik Lebih Awal

JAKARTA – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan menjelaskan, bahwa diskon tarif tol dapat berubah menjadi cara untuk meminta masyarakat agar mau mudik lebih besar awal. Diketahui, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memberikan diskon tarif tol maksimal 20% dari tarif normal pada periode tertentu, yang tersebut bertujuan untuk mendistribusikan tak lama kemudian lintas (lalin) agar tiada terkonsentrasi pada satu waktu yang tersebut sama.

“Jadi untuk diskon tarif tol memang benar dari kementerian sudah ada mengoordinasikan ya untuk pemotongan tarif atau diskon tarif tol, ini memang sebenarnya kita kan memberikan diskon itu pada hari-hari tidak hari puncak artinya untuk menawan rakyat lebih lanjut awal (mudik),” kata Aan terhadap wartawan disitir hari terakhir pekan (29/3/2024).

Selain itu, kata Aan, diskon tarif tol juga dapat memecah jadwal masyarakat, agar tidaklah bersamaan mudik pada Sabtu, 6 April dan juga Senin, 8 April 2024. “Maksudnya artinya untuk mengejutkan warga mudik lebih besar awal, kemudian memecah bukan semua ke tanggal 6 bukan semua di dalam tanggal 8 (mudik), itu maksudnya,” ucapnya.

Aan menjelaskan, berdasarkan data, komunitas setiap saat menanti hari-hari puncak mudik. Dengan diskon tarif tol juga penerapan sistem ganjil genap (gage), diharapkan tiada ada penumpukan kendaraan pada puncak arus mudik. Komunitas nantinya dapat mulai melakukan mudik pada Rabu, 3 April 2024.

“Mungkin nanti kalau tarif tolnya didiskon ke tanggal 3 kita belum tahu, tapi itu untuk memecah hari itu ya,” ucapnya.

Artikel ini disadur dari Korlantas Ungkap Diskon Tarif Tol untuk Ajak Masyarakat Mudik Lebih Awal