Mahfud Md Komitmen Revisi UU KPK: Yang Sekarang Tak Lagi Independen

Mahfud Md Kepercayaan Revisi UU KPK: Yang Sekarang Tak Lagi Independen

Liputanfakta.net – Calon duta presiden nomor urut 03 Mahfud Md mengungkapkan bahwa dirinya bersatu calon presiden Ganjar Pranowo berjanji untuk merevisi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU KPK) apabila terpilih pada Pilpres 2024.

“Kalau misalnya nanti Tuhan melawan dukungan rakyat juga saudara, Pak Ganjar dan juga saya diberi kepercayaan untuk menjadi presiden juga delegasi presiden, Undang-Undang KPK akan kita revisi kembali,” kata Mahfud Md pada acara Tabrak, Prof! di dalam Pos Bloc, Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Mahfud menyatakan bahwa revisi UU KPK diperlukan dengan mempertimbangkan kondisi ketika ini yang tersebut mana KPK tidaklah menunjukkan kinerja sebagai lembaga independen.

“Nah yang dimaksud sekarang ini KPK identik sekali tiada menunjukkan performance (kinerja) sebagai lembaga yang independen. Itu sebab dulu memang sebenarnya undang-undangnya diubah, kemudian proses seleksinya juga kolutif,” ujarnya.

Padahal, kata dia, KPK sebelumnya sempat berjaya di dalam masa kepemimpinan terdahulu, seperti pada era Agus Rahardjo.

“KPK itu pernah punya masa kejayaannya, yaitu masa dulu awal-awal ada Taufiequrachman Ruki itu memulai gebrakannya. Kemudian Antasari Azhar, sampai ke Agus ini. Agus Rahardjo, itu terakhir lumayan bagus,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Mahfud berazam untuk merevisi UU KPK kemudian tiada akan membiarkan Ketua KPK hadir di rapat kabinet.

“Kembali ke yang mana awal bahwa itu lembaga independen bukan boleh dicampuri oleh pemerintah, kemudian tidak ada boleh Ketua KPK itu rapat, hadir di area pada rapat kabinet, lantaran itu orang luar. Biar beliau independen,” kata Mahfud. (Sumber: Antara)