Tekno  

Modus Baru! Hacker Retas Akun Instagram Bank Indonesia Yogyakarta, Tawarkan Giveaway iPhone

Modus Baru! Hacker Retas Akun Instagram Bank Indonesia Yogyakarta, Tawarkan Giveaway iPhone

Liputanfakta.net – YOGYAKARTA – Akun instagram Bank Indonesia Kantor Perwakilan DIY menjadi sasaran peretas. Hasilnya, tampilan dari Instagram Bank Indonesia kantor wilayah Yogyakarta mendadak berubah.

Bank Indonesia menawarkan adanya giveaway dengan pembelian iPhone seharga Rp8,8 juta. Giveaway yang disebutkan akan datang diberikan terhadap merekan yang mana beruntung.

“Giveaway tebus tidak mahal khusus flowers setia kami Hanya dengan nilai Rp8.800.000 untuk 3 orang pemenang siapa cepat ia dapat,” tulis Feed Instagram.

Intan salah seseorang warga Sleman mengaku kaget dengan tampilan Instagram Bank Indonesia kantor wilayah Yogyakarta tersebut. Mulai Pekan (25/3/2024) siang dirinya iseng membuka Instagram dari Bank Indonesia Yogyakarta.

Intan termaksud mencari informasi berkaitan dengan penukaran uang yang telah lama dibuka oleh bank indonesia.

Sepanjang pengetahuannya Bank Indonesia sama-sama beberapa bank yang mana lain membuka layanan dengan menggunakan mobil Kas Keliling di area Pura pakualaman Yogyakarta.

“Iseng belaka tadi buka-buka IG BI, mau nukar uang. Lha kok isinya kayak gitu,” kata dia.

Karena penasaran maka dirinya kemudian mencoba menghubungi nomor dari administrasi yang tercantum di Instagram tersebut. Dia cukup kaget sebab admin yang disebutkan secara cepat membalas instruksi yang dimaksud beliau kirim.

“Ini adminnya gercep banget. Terus suruh pemindahan agar dapat,” ujarnya. Dirinya pun sempat berniat untuk dengan segera mentransfer uang sesuai nominal yang ditentukan.

Namun, beliau kemudian merasa curiga akibat tak biasanya Bank Indonesia memberikan giveaway seperti itu. Dia pun mencoba mengkonfirmasi dengan rekannya serta ternyata benar apabila IG dari Bank Indonesia kantor wilayah Yogyakarta sedang diretas.

Belum ada informasi resmi dari pihak Bank Indonesia kantor wilayah Yogyakarta. Namun, informasi secara tak resmi menyatakan jikalau memang benar IG merek memang sebenarnya berada dalam diretas oleh orang lain kemudian sekarang pada tahappemulihan.