Pengadilan Turki Tahan Tujuh Mata-mata untuk negara Israel

Pengadilan Turki Tahan Tujuh Mata-mata untuk negara negeri Israel

Liputanfakta.net – Tujuh dari sembilan terdakwa yang dimaksud ditangkap akibat membocorkan informasi ke agen mata-mata tanah Israel Mossad dari Turki ditahan oleh Pengadilan di area Istanbul pada Hari Senin (5/2/2024).

Kabar itu disampaikan oleh lembaga peradilan dan juga keamanan untuk Anadolu.

Selain pemidanaan tujuh terdakwa yang tersebut sudah ada memberikan pernyataan ke jaksa penuntut umum, dua terdakwa lainnya telah lama dirujuk ke peradilan pidana melawan permintaan langkah pengendalian yudisial. Begitu pernyataan dari sumber yang mana identitasnya dirahasiakan.

Organisasi Intelijen Turki (MIT) memutuskan bahwa Mossad telah dilakukan menghimpun informasi biografi, melakukan pengintaian, dokumentasi foto juga video, pelacakan langsung, dan juga pemasangan alat pelacak melalui agen swasta di tempat Turki.

MIT kemudian Direktorat Jenderal Keselamatan meluncurkan operasi gabungan dalam Istanbul juga Provinsi Izmir untuk menangkap para tersangka.

Dalam operasi yang diselenggarakan serentak, polisi berhasil menangkap tujuh dari sembilan dituduh dengan menggunakan surat perintah. Dua di dalam antaranya terlebih dahulu ditangkap. (Antara)