Pernah Ungkap Derita Hernia, Atta Halilintar Baru Saja Jalani Operasi: Apa Bahayanya Untuk Pria?

Pernah Ungkap Derita Hernia, Atta Halilintar Baru Saja Jalani Operasi: Apa Bahayanya Untuk Pria?

Liputanfakta.net – YouTuber Atta Halilintar baru sekadar menjalani operasi oleh sebab itu kondisi kesehatannya. Suami Aurel Hermansyah itu mengungkapkan apabila dirinya sudah ada merasakan sakit sejak satu bulan yang mana lalu. 

Meski tak menyampaikan secara pasti penyakit apa yang dideritanya, Atta Halilintar mengungkapkan jikalau beberapa hari ke belakang dirinya tak kuat lagi menahan rasa sakitnya teristimewa jikalau dirinya harus berdiri lama. 

Kondisi inilah yang digunakan mau tak mau menimbulkan Atta Halilintar akhirnya memutuskan untik menjalani operasi meskipun sempat begitu takut ketika membayangkannya. 

“Saya penakut.. nahan sakit ini udah 1 bulan mencoba pura2 tiada papa oleh sebab itu tak berani operasi. Tapi 2/3 hari ini enggak kuat lagi nahannya khususnya ketika berdiri lama,” tulis ayah Ameena serta Azura ini di area akun media sosialnya.

Melalui vlog terbaru di dalam channel YouTube AH, Atta Halilintar sedikit membocorkan masalah operasi yang mana harus dijalaninya. Salah satunya adalah persiapan sebelum operasi, yakni berpuasa selama enam jam.

“Puasa aja, puasa makan minum enam jam,” kata dokter yang menangani Atta Halilintar.

Melihat kegelisahan di tempat wajah Atta, sang dokter mencoba untuk menenangkan. Ia menyebutkan apa sekadar prosedur sebelum operasi yang dilakukannya.

“Nanti bius total, dipasang akses untuk obat masuk. (Kemudian) dipasang infus yang dimaksud kecil. Masuk obat, satu menit kurang udah tidur,” kata dokter tersebut.

“Selama tidur di-maintenance pakai obat anestesi terus nanti kedalaman tidur dipantau. Jadi ada nempel alat untuk (mengecek) jadi enggak usah khawatir ya,” lanjut dokter tersebut.

Pada kesempatan yang mana sama, dokter yang mana menangani Atta menyinggung mengenai salah satu teknik operasi, yaitu laparoskopi. Hanya saja, Atta mengkhawatirkan kondisi lambungnya yang bukan baik.

Hal itu kemudian diperhatikan lebih besar lanjut oleh sang dokter. Ia mengutarakan rencananya untuk menambahkan obat bius lokal.

“(Untuk prosedur laparoskopi), dengan adanya saya kasih obat (bius) lokal, dapat menghurangi obat anti nyeri yang merangsang (lambung),” terang dokter tersebut.

Atta Halilintar Pernah Mengaku Menderita Hernia

Potret Lemas Atta Halilintar Terbaring dalam Rumah Sakit. (Instagram/attahalilintar)
Potret Lemas Atta Halilintar Terbaring dalam Rumah Sakit. (Instagram/attahalilintar)

Pada November 2023 lalu, menantu Krisdayanti ini mengaku menderita penyakit hernia.

“Kemarin dari perut ke bawah, saya merasakan kram yang digunakan perih dan juga kesulitan untuk bergerak. Alhamdulillah, sekarang saya tidaklah perlu tidur lebih tinggi lama di tempat rumah sakit,” ungkap Atta Halilintar di tempat Instagram pada November 2023 lalu.

“Menurut dokter hasil cek ct scan saya kena sakit hernia.. tapi untungnya lemak tidak usus yg ke bawah,” lanjutnya.

Dikutip Halodoc, meskipun hernia dapat dialami siapa semata (pria lalu wanita, juga segala usia), tapi gejala hernia pada pria mempunyai perbedaan dengan yang mana dialami wanita. Jenis hernia yang dimaksud lebih lanjut kerap dialami pria yaitu hernia inguinal. 

Pasalnya, tubuh pria miliki lubang kecil dekat otot pangkal paha, yang memungkinkan pembuluh darah juga tali spermatika dapat turun ke area testis.

Gejala hernia pada pria biasanya berbentuk rasa sakit dalam pinggul dan juga selangkangan. Sedangkan gejala yang mana perlu diwaspadai adalah sakit pada waktu duduk serta nyeri perut bawah ketika beraktivitas. 

Berikut ini beberapa gejala hernia pada pria yang digunakan perlu diwaspadai:

1. Rasa sakit pada benjolan

Hernia biasanya menyebabkan munculnya benjolan yang tersebut terasa sakit juga tidak ada nyaman. Rasa sakit pada benjolan yang disebutkan menciptakan aktivitas menjadi terganggu.

Terutama pada pria dewasa yang kerap melakukan pergerakan meregangkan otot. Rasa sakit juga dapat terasa pada waktu kamu mengangkat benda dengan beban berat. 

2. Benjolan membesar

Seperti yang dimaksud telah disebutkan, hernia terkadang tidak ada menyebabkan rasa sakit walaupun ada benjolan. Sering kali pengidap menganggap benjolan yang disebutkan tiada mengkhawatirkan.

Padahal, pengabaian yang dimaksud dapat menyebabkan benjolan semakin membesar. Meskipun gejala hernia bukan dapat memburuk, pekerjaan berat yang dimaksud dijalankan pria dewasa memungkinkan hernia semakin parah.

3. Pembengkakan testis

Salah satu gejala hernia pada pria yang digunakan perlu diwaspadai yaitu pembengkakan pada testis. Benjolan yang dimaksud muncul terkadang dapat menyebabkan pembengkakan serta nyeri, sehingga menyebabkan rasa tak nyaman pada testis. 

Selain itu, pembengkakan akan terasa sakit serta mengganggu ketika batuk atau meregangkan otot. Kemungkinan juga dapat muncul juga sensasi terbakar dan juga gatal di tempat testis.

4. Tren terbakar di dalam dada

Gejala yang digunakan satu ini biasanya dialami oleh pria lanjut usia (lansia) dan juga obesitas. Berbeda dengan gejala lainnya, benjolan dari hernia bukan terlihat meninggalkan tubuh lantaran jaringan atau sebagian usus mengupayakan ke arah dada.

Itulah mengapa muncul sensasi terbakar dalam dada atau mulas. Terkadang pengidap mengira bahwa ia sedang mengalami gangguan maag biasa, sehingga gejala ini mudah terabaikan.

(Sumber: Suara.com)