Bisnis  

Sri Mulyani Jadi Saksi Sengketa Pilpres dalam MK Hari Jumat 5 April 2024

Sri Mulyani Jadi Saksi Sengketa Pilpres pada MK Hari Hari Jumat 5 April 2024

JAKARTA – Menteri Keuangan atau Menkeu Sri Mulyani akan mengunjungi panggilan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Sidang Sengketa Pemilihan Presiden juga Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada hari terakhir pekan (5/4/2024). Demikian diungkapkan dengan segera oleh Juru Bicara Kementerian Keuangan, Yustinus Prastowo.

“Insya Allah beliau hadir,” jelas Yustinus melalui instruksi singkat terhadap MNC Portal Indonesia, Rabu (3/4/2024).

Sebelumnya, Menkeu sendiri sudah menyatakan kesiapannya memenuhi panggilan MK yang dimaksud apabila ada undangan resminya.

“Kalau ada undangan resmi insya allah kita dateng,” jelas Menkeu Sri Mulyani pada acara Buka Bersama Industri Media Kementerian Keuangan di dalam Gedung AA Maramis, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Terbaru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah lama menanggapi pemanggilan empat menterinya oleh Mahkamah Konstitusi (MK) untuk bersaksi di sidang sengketa Pilpres 2024 . Kepala Negara melakukan konfirmasi bahwa semua menteri yang mana dipanggil yang disebutkan akan hadir di dalam MK.

“Iya semuanya akan hadir akibat diundang oleh MK. Semuanya akan hadir hari Jumat,” kata Jokowi di dalam Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Untuk diketahui, MK akan memanggil empat menteri pada persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa hasil Pilpres 2024. MK menganggap pemanggilan itu diperlukan.

“Kemudian juga untuk para pihak juga penting disampaikan hari hari terakhir pekan akan dicadangkan untuk pemanggilan pihak-pihak yang digunakan dipandang wajib oleh Mahkamah Konstitusi,” ucap Ketua MK Suhartoyo pada persidangan PHPU di Gedung MK, Mulai Pekan (1/4/2024).

“Berdasarkan hasil rapat Yang Mulia para hakim tadi pagi, yang mana pertama yang mana diperlukan didengar oleh Mahkamah adalah Muhadjir Effendy Menko PMK, Airlangga Menko Perekonomian, Sri Mulyani Menteri Keuangan, Tri Rismaharini Menteri Sosial, juga dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP),” jelas Suhartoyo.

Artikel ini disadur dari Sri Mulyani Jadi Saksi Sengketa Pilpres di MK Jumat 5 April 2024