Takut Tergelincir dalam Tol Saat Hujan? Ikuti 12 Tips Jitu Ini!

Takut Tergelincir pada Tol Saat Hujan? Ikuti 12 Tips Jitu Ini!

Liputanfakta.net – Musim hujan seringkali memberikan tantangan ekstra bagi pengemudi, khususnya ketika berkendara di area jalan tol yang dimaksud kerap kali basah juga licin.

Tidak belaka memerlukan keterampilan mengemudi yang digunakan baik, tetapi juga perawatan kendaraan yang dimaksud teratur.

Berikut ini adalah beberapa tips penting yang tersebut perlu Anda pertimbangkan untuk menjaga keamanan kemudian menghindari mobil tergelincir di tempat musim hujan, khususnya pada waktu berkendara di area jalan tol, disitir dari situs resmi Daihatsu:

Ilustrasi hujan. (Shutterstock)
Ilustrasi hujan. (Shutterstock)

1. Periksa Kondisi Ban

Pastikan ban kendaraan Anda di kondisi baik. Periksa tekanan udara, kedalaman alur ban, dan juga usia ban. Ban yang mana baik memberikan daya cengkeram yang digunakan lebih besar baik di dalam jalan tol yang dimaksud basah.

2. Gunakan Ban yang digunakan Sesuai

Pilihlah ban yang tersebut dirancang khusus untuk kondisi basah atau musim hujan jikalau memungkinkan. Ban dengan alur yang baik dapat membantu menghurangi risiko tergelincir.

3. Kurangi Kecepatan

Berkendara dengan kecepatan yang wajar adalah kunci pada waktu kondisi jalan tol basah. Kecepatan tinggi meningkatkan risiko tergelincir, sehingga kurangi laju kendaraan Anda.

4. Hindari Rem Mendadak

Jangan menggunakan rem mendadak, teristimewa ketika melintasi genangan air dalam jalan tol. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya daya cengkeram dan juga menyebabkan ban tergelincir.

5. Hindari Genangan Air

Hindari melintasi genangan air yang dimaksud pada jikalau memungkinkan. Genangan air dapat menyebabkan ban terapung dan juga menghurangi daya cengkeram.

6. Hati-hati di area Jalur Berkurang

Jalur yang berkurang cenderung lebih tinggi licin. Berhati-hatilah pada waktu melintasi area ini, kemudian hindari aksi mendadak atau pembaharuan jalur yang digunakan tiba-tiba.

7. Jangan Mematikan Kontrol Traksi (TCS)

Pastikan fasilitas kontrol traksi (TCS) aktif, khususnya ketika kondisi jalan tol basah. TCS membantu menghindari roda tergelincir.

8. Gunakan Lampu Hujan

Hidupkan lampu hujan meskipun hujan ringan. Hal ini meningkatkan visibilitas Anda dan juga memberi tahu pengemudi lain tentang keberadaan Anda di tempat jalan tol.

9. Jaga Jarak Aman

Pertahankan jarak aman antara kendaraan Anda serta kendaraan di dalam depan, memberi Anda lebih lanjut sejumlah waktu untuk bereaksi jikalau situasi mendesak terjadi.

10. Pelajari Teknik Pengereman yang dimaksud Benar

Hindari pengereman secara tiba-tiba lalu gunakan rem secara perlahan dan juga konsisten.

11. Gunakan Arah Stir yang Benar

Jika kendaraan mulai tergelincir, arahkan stir ke arah yang tersebut diinginkan tanpa panik.

12. Gunakan Ban Anti-Aquaplaning

Pertimbangkan untuk menggunakan ban yang dimaksud dirancang khusus untuk menghurangi risiko aquaplaning dalam permukaan air.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menghurangi risiko mobil tergelincir pada waktu berkendara di dalam musim hujan, khususnya dalam jalan tol. Selalu prioritaskan keselamatan Anda kemudian pengguna jalan lainnya!