Tesla Pilih Siapkan Mobil Listrik Murah Demi Kejar BYD

Tesla Pilih Siapkan Mobil Listrik Murah Demi Kejar BYD

Liputanfakta.net – Pabrikan mobil listrik dengan syarat Amerika Serikat, Tesla, berencana mengejar ketertinggalan dari BYD dengan meluncurkan mobil listrik murah.

Hal yang disebutkan disampaikan direktur utama Tesla, Elon Musk, terhadap investor. Di mana Tesla akan meluncurkan mobil listrik tidak mahal untuk generasi selanjutnya sebagai pesaing BYD.

Diperkirakan harganya semata-mata US$ 25.000 atau setara Rp395 jutaan

“Saya tak permasalahan dengan waktu, tapi skedul kami akan memulai produksi (mobil listrik terjangkau) mendekati akhir 2025,” ujar Elon Musk, diambil dari Reuters, hari terakhir pekan (26/1/2024).

Sebelumnya mobil listrik ekonomis dari Tesla sempat dibocorkan lewat biografi Musk yang dimaksud ditulis Walter Isaacson. 

Dalam biografi itu, disebutkan Musk punya ambisi menelurkan mobil dengan harga jual lebih tinggi terjangkau.

Mobil listrik hemat itu akan menyasar China, sebagai negara dengan pangsa otomotif yang besar di area dunia. 

Rencana peluncuran mobil yang dimaksud awalnya pada 2020 untuk lingkungan ekonomi mobil AS, namun Musk harus memendam ambisinya akibat ketidaksiapan perusahaan.

BYD Salip Penjualan Tesla

Tesla diketahui telah dilakukan mengirimkan sebanyak 484,507 unit kendaraan pada kuartal keempat 2023, menurut data perusahaan, naik lebih tinggi dari 11 persen dari kuartal sebelumnya.

Namun peningkatan ini tiada cukup untuk mempertahankan mahkota Tesla sebagai produsen kemudian penjual kendaraan listrik berbaterai terbesar di dalam dunia, lantaran saingannya dari China, BYD, melaporkan perdagangan pada Awal Minggu sebesar 526.409 untuk periode yang digunakan sama.

(Sumber: Suara.com)