Bisnis  

Video Jokowi Bagi-bagi Uang Viral, Ini adalah Klarifikasi Lengkapnya

Video Jokowi Bagi-bagi Uang Viral, Ini adalah adalah Klarifikasi Lengkapnya

Liputanfakta.net – Suara.com – Baru-baru ini popular video Jokowi bagi-bagi uang pada amplop putih. Video berdurasi 8 detik yang disebutkan pun sedang menjadi perbincangan warganet pasca diunggah oleh salah satu pengguna X/Twitter.

Adapun video pendek yang dimaksud diunggah oleh akun @/alisyarief pada 29 Januari 2024. Dalam video yang disebutkan tampak Jokowi yang dimaksud mengenakan kemeja putih serta didampingi oleh ajudannya berada dalam membagi-bagikan amplop.

Dalam unggahan tersebut, Jokowi membagi-bagikan amplop terhadap para tukang becak yang digunakan sedang parkir di area jalan. Dalam captionnya, tampak ditulis sebagai berikut:

“Langsung dari tangannya sendiri..” akun @/alisyarief

Unggahan yang dimaksud pun segera dibanjiri komentar warganet, begitu juga dengan QRT-nya. Adapun salah satu pengguna X/Twitter yang tersebut turut mengomentari unggahan yang dimaksud dalam QRT yaitu akun @/PartaiSocmed dengan captionnya sebagai berikut.

“Boss fusilatnews @/alisyarief melakukan disinformasi. Video itu adalah kejadian Presiden bagi² amplop pada Solo pada tgl 9 April 2023, sekitar 11 hari sebelum Lebaran Idul Fitri 2023 lalu. Ya ya ya, nanti tinggal ngeles “kan tidak ada nyebut bagi2 duit selama kampanye.” Tulis akun @/PartaiSocmed

Unggahan yang dimaksud dengan segera diserbu warganet dengan berbagai komentar.  Adapun beberapa komentarna sebagai berikut:

“Sudah nggak heran sii dengan merek mereka ini, Fitnah teruuuuuss,” tulis akun @/siompulandak

“Ga usah menyadarkan orang seperti itu, mbok yao kalo pemasaran capres merek itu dengan tiada menjelekkan & memberi informasi palsu,” tulis akun @/Fikssih

“Koq disinformasi? Apa ada yg salah dg twit pak ali?” tulis akun @/456Yayan

“Pinter jg buat caption ya Biar gk kena uu ite,” tulis akun @/AganIchan

Sebagai informasi tambahan, video Jokowi bagi-bagi amplop yang disebutkan dijalankan pada 9 Aplil 2023 pada depan Istana Negara, tepat 11 hari sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri 2023. Selain amplop, Jokowi juga membagi-bagikan sembako untuk masyarakat.

Ia bagi-bagi amplop kemudian sembako yang dimaksud bukanlah cuma ditemani ajudannya, tapi juga ditemani oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Jika ada yang mana menarasikan bahwa video yang disebutkan sedang kampanye, maka itu adalah hoax.

Hal ini juga telah dilakukan diklarifikasi segera oleh Arya Sinulingga  selaku Staf Khusus Menteri BUMN mengenai popular video Jokowi bagi-bagi uang tersebut. Ia dengan tegas menyebutkan bahwa jikalau ada yang menyampaikan video yang disebutkan kampanye, itu adalah hoax atau informasi palsu.

Kontributor : Ulil Azmi

(Sumber: Suara.com)