Vidi Aldiano Menggigil Usai Kemoterapi, Apa Saja Efek Samping Pengobatan Ini?

Vidi Aldiano Menggigil Usai Kemoterapi, Apa Saja Efek Samping Pengobatan Ini?

Liputanfakta.net – Vidi Aldiano masih terus berjuang untuk melawan neoplasma ginjal yang dimaksud diidapnya beberapa tahun lalu. Sampai sekarang, pelantun W U At? itu masih menjalani terapi kemoterapi.

Lewat reels Instagram, Vidi pun membagikan semacam jurnal online di area mana ia membagikan perjalanannya hidup berdampingan dengan penyakit tersebut.

Dalam jurnal online kedua yang tersebut diunggah pada Kamis (25/1/2024), Vidi menceritakan efek samping kemoterapi yang mana baru cuma dijalaninya.

“Badan gue kayak menggigil semalaman dan juga mulai ngilu sebadan, kalau kegesek sakit,” ujar suami Sheila Dara itu.

Selain itu, ia juga mengalami kondisi takikardia, di dalam mana jantung berdetak lebih lanjut dari 100 kali per menit.

Sebagai informasi, kemoterapi merupakan salah satu penyembuhan neoplasma yang tersebut dirancang untuk membunuh sel kanker.

Kendati mampu membunuh lalu menghentikan penyebaran sel kanker, kemoterapi dapat merusak sel sehat yang tersebut berada dalam sekitarnya.

Karena itu, kemoterapi dapat memunculkan efek samping yang digunakan berbeda-beda pada setiap pasien. Efek samping itu bisa saja bersifat sementara selesai pertemuan kemoterapi, tapi ada juga yang mana muncul kemudian setelahnya seluruh pembukaan kemoterapi selesai.

Berikut macam-macam efek samping kemoterapi yang mana perlu Anda tahu, disitir dari Alodokter.

1. Mual kemudian muntah
2. Merasa lelah
3. Nafsu makan menurun
4. Rambut rontok, termasuk bulu mata, alis hingga area kemaluan
5. Sariawan kemudian sakit tenggorokan
6. Imunitas tubuh menurun
7. Diare
8. Gangguan saraf

Selain yang disebutkan dalam atas, efek samping kemoterapi lainnya yang mana dapat muncul meliputi nyeri otot dan juga tulang, sakit kepala, gangguan konsentrasi, inovasi mood, anemia, hingga kesulitan sistem reproduksi.

Penting untuk tetap saja rutin memeriksakan diri ke dokter meskipun neoplasma yang dimaksud diderita sudah ada dinyatakan sembuh kemudian bukan menjalani kemoterapi.

(Sumber: Suara.com)